sfidn - 10 Manfaat Pole Dance dan Tips untuk Memulainya

10 Manfaat Pole Dance dan Tips untuk Memulainya

sfidn.com – Pole dance adalah salah satu olahraga populer yang telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terkahir. Sudah banyak studio latihan di seluruh dunia yang menawarkan kelas untuk orang-orang dari segala usia, ukuran, dan kemampuan. 

Faktanya, olahraga ini tidak hanya dikenal dengan gerakannya yang unik – meliukkan badan di tiang, melainkan juga manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Lantas, apa saja manfaat pole dance bagi tubuh? 

Simaklah terus artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat olahraga pole dance dan tips untuk Anda yang baru memulainya!

10 Manfaat Pole Dance untuk Tubuh

Jika Anda masih ragu untuk memulainya, berikut 10 manfaat pole dance untuk tubuh yang sulit untuk Anda lewatkan begitu saja:

1. Membantu membakar kalori dengan cepat

Manfaat pole dance yang mungkin paling diincar adalah dapat meningkatkan proses pembakaran kalori Anda. Karena olahraga ini membebani otot-otot di seluruh tubuh dan mengharuskan Anda untuk selalu bergerak, menjadikannya sebagai gabungan latihan isometrik dan kardio yang hebat. 

Bahkan, Anda bisa membakar banyak kalori dalam waktu 30 menit sama seperti saat Anda melakukan aerobik dan senam. Itulah mengapa pole dance dapat Anda masukkan ke dalam daftar olahraga untuk tujuan penurunan berat badan.

2. Membangun kepercayaan diri

Setelah menguasai dasar-dasar gerakannya, Anda pun mulai mengembangkan beberapa keterampilan yang lebih advance, termasuk memanjat tiang pole dance dengan anggun dan membuat kepala bergerak terbalik. 

Keterampilan Anda di tiang ini akan berdampak langsung terhadap kehidupan nyata Anda, yang membuat Anda dapat bergerak dengan lebih gesit.

3. Mengurangi tingkat stres

Menurut pakarnya, salah satu manfaat terbesar dari pole dancing sebenarnya berkaitan dengan kesehatan psikologis dan emosional Anda.

Saat Anda stres, hormon adrenalin mulai menumpuk di tubuh Anda secara perlahan, yang membuat Anda semakin cemas, gampang kesal, bahkan depresi

Nah, sesi pole dancing yang intens dapat membantu Anda mengeluarkan semua adrenalin tersebut dan merangsang tubuh untuk memproduksi endorfin, yaitu hormon yang terkait dengan perasaan senang atau bahagia. 

Inilah yang membuat Anda menjadi lebih tenang dan bahagia setelah berolahraga dengan baik.

4. Meningkatkan motivasi untuk berolahraga lebih banyak

Olahraga ini dapat membuat Anda semakin termotivasi untuk bergerak lebih banyak. Ini karena gerakannya yang dapat meningkatkan stamina dan membuat Anda merasa seksi. 

Semakin meningkat keterampilan dan kepercayaan diri Anda, semakin termotivasi Anda untuk berlatih lebih keras, dan semakin mudah untuk Anda menyelesaikan kegiatan sehari-hari – cukup dengan tiang dan ruang kosong.

5. Tubuh menjadi lebih lentur

Banyak orang mengabaikan tentang pentingnya mobilitas dan fleksibilitas sendi. 

Faktanya, saat tubuh Anda menjadi lebih lentur, semakin rendah risiko Anda mengalami masalah seperti leher kaku, sakit punggung, dan nyeri otot. Ini juga dapat meminimalkan risiko keseleo dan meningkatkan rentang gerak Anda.

6. Meningkatkan kekuatan tulang dan persendian

Nyeri sendi tampaknya sudah menjadi masalah serius yang terus-menerus dialami oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi mengalami pengeroposan tulang.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengembangkan tulang dan jaringan ikat yang kuat, serta meningkatkan mobilitas sendi, khususnya bagi wanita yang lebih rentan terserang osteoporosis

Karena mereka tidak bisa memberikan tekanan yang besar di area persendian, misalnya dengan berlari atau lompat tali, maka pole dance bisa menjadi pilihan latihan yang sangat aman. 

Di sini, Anda juga akan memperkuat otot-otot tangan Anda secara konsisten dengan mencengkeram tiang, sehingga dapat mencegah cedera yang umum terjadi, termasuk sindrom terowongan karpal.

7. Meningkatkan kesehatan jantung dan aliran darah

Tahukah Anda? Menari tiang sama baiknya dengan segala bentuk latihan aerobik sedang hingga intens untuk jantung Anda. Ini karena semua otot terlibat di beberapa titik dan latihan dilakukan secara teratur, sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Manfaat pole dance ini juga sangat penting bagi wanita yang menjalani gaya hidup tetap atau bekerja di depan komputer selama berjam-jam.

8. Meningkatkan keseimbangan dan kesadaran kinestetik

Kesadaran kinestetik merupakan kemampuan seseorang menggunakan ketangkasan tubuhnya, di mana tubuh berada dalam ruang tiga dimensi dan berkaitan dengan objek lain di sekitarnya. 

Ketika Anda memulai rutinitas yang lebih kompleks, kesadaran kinestetik Anda akan meningkat. Ini berarti lebih sedikit kemungkinan Anda mengalami cedera karena menabrak barang atau sesuatu lainnya. 

Bersama dengan keseimbangan yang baik, peningkatan kesadaran kinestetik memungkinkan Anda menghindari kecelakaan yang umum terjadi, seperti jatuh, terpeleset, atau terbentur.

9. Melancarkan proses kehamilan dan persalinan

Salah satu manfaat pole dance untuk wanita yang mungkin belum banyak orang tahu adalah dapat melancarkan proses kehamilan hingga persalinan nanti. 

Ini karena gerakannya yang dapat meningkatkan kekuatan otot punggung dan perut, sehingga membantu meminimalkan nyeri punggung selama kehamilan dan melancarkan proses persalinan agar tidak terlalu menyakitkan.

10. Membantu tidur lebih nyenyak

Manfaat pole dance yang terakhir ini juga tidak kalah hebatnya. Dengan melakukan latihan yang membebani tubuh secara teratur, dikombinasikan juga dengan peregangan sebagai bagian dari latihan, pole dance dapat memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Penting diketahui bahwa tidur yang cukup sama pentingnya dengan berolahraga dan menjaga pola makan dalam meningkatkan kesehatan tubuh Anda. 

Tips berlatih pole dance untuk pemula

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba ketika baru memulai pole dance:

  • Mulai secara perlahan dari gerakan yang paling mudah, dan bangun kekuatan dengan aman dan bertahap.
  • Jangan mengoleskan lotion, minyak, atau apapun ke kulit sebelum berlatih.
  • Selalu bersihkan pole sebelum, selama, dan setelah latihan, untuk memastikan cengkeraman maksimal dan menghilangkan penumpukan minyak berlebih dari kulit.
  • Bila perlu, gunakan alat bantu pegangan agar tangan dapat menempel lebih baik pada tiang.
  • Kenakan pakaian kebugaran apa pun yang nyaman selama latihan.
  • Ambil les private atau kelas pribadi supaya tidak terlalu nervous.
  • Ajak teman, rekan kerja, atau keluarga dekat untuk berlatih bersama di kelas.
  • Ikut kelas online agar bisa berlatih di lantai yang nyaman sesuai preferensi pribadi. 
  • Join komunitas online untuk mendapatkan lebih banyak dukungan.

Ingatlah, jika Anda merasa gugup, Anda tidak sendiri. Hampir semua orang merasakannya saat pertama kali mulai. Namun, jangan biarkan itu menghentikan niat dan progress Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh olahraga unik ini. 

So, tunggu apa lagi? Pastikan Anda mencobanya, ya!

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Fair Observer. 17 Physics Reasons Pole Dancing Benefits Humans.
  • Healthline (2020). How Pole Dance Is Busting Stereotypes and Empowering Women.
  • Lifehack. 10 Unexpected Health Benefits of Pole Dancing.
  • PDN Academy. Pole Dancing Tips for First Timers and Beginners.
  • Polepedia. The Benefits of Pole Dancing.
  • Queen of Hearts Fitness. The Many Amazing Benefits of Pole Dance Fitness.
  • Super Fly Honey (2020). 10 Benefits of Pole Dancing.

 
Tags:
#sfidn  #pole dance  #manfaat pole dance  #pole dancing  #pole dance adalah  #latihan pole dance  #gerakan pole dance  #manfaat pole dance untuk wanita  #manfaat pole dance untuk pria 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article