8 Rekomendasi Alat Gym untuk Pemula Wanita

sfidn.com — Baru memulai keanggotaan gym? Jangan khawatir! Ini merupakan progress yang bagus untuk Anda setelah puas melakukan rutinitas workout di rumah.

Di masa awal ini, Anda mungkin bingung harus mulai dengan alat gym yang mana untuk bisa berlatih tanpa cedera.

Terlebih lagi, beberapa wanita mungkin tidak nyaman dengan mengangkat beban bebas atau barbel, tetapi perlu menggabungkan latihan ketahanan dengan kardio. Serangkaian mesin gym pun menjadi alternatif terbaiknya.

Oleh sebab itu, SFIDN memberikan beberapa rekomendasi alat gym untuk pemula wanita yang bisa Anda coba sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Let’s check it out!

8 Rekomendasi Alat Gym untuk Pemula Wanita

Jika Anda baru berolahraga di gym, selain mengetahui peralatan olahraga yang tepat untuk digunakan, memahami cara menggunakannya juga dapat membantu Anda memulai latihan dengan percaya diri.

Berikut 8 rekomendasi alat gym untuk pemula wanita dan cara menggunakannya dengan benar:

1. Mesin Smith

Alat gym untuk pemula wanita yang pertama dalam daftar ini adalah mesin Smith, yaitu batang vertikal yang bergerak dalam rel baja tetap.

Ini adalah alternatif yang bagus untuk beban bebas atau barbel dan lebih aman untuk Anda yang baru mengenal angkat beban

Dengan menggunakan mesin Smith, Anda bisa melakukan berbagai latihan, seperti squat, bench press, dan shoulder press – yang semuanya dapat membantu menambah massa otot Anda.

Bagaimana cara menggunakannya? Tenang, peralatan ini mudah digunakan, terutama bagi Anda yang baru mengenal angkat besi. 

Jika Anda belum tahu sama sekali, tidak masalah, karena alat ini menempatkan Anda dalam posisi langsung untuk menggunakannya, sehingga cocok untuk pemula.

Saat menggunakan mesin Smith, pertimbangkan juga bentuk Anda dan arahkan tubuh Anda di sekitar palang untuk menyelesaikan latihan dengan aman dan benar.

2. Row Machine


Sumber: youtube.com/Level Up Fitness

Row machine adalah mesin gym yang dapat memberikan latihan tubuh secara total. Alat ini mengombinasikan dorongan tubuh bagian bawah dengan tarikan tubuh bagian atas. 

Anda akan duduk di kursi pendayung air dan meletakkan kaki di pijakan sambil memegang pegangan, kemudian bergerak ke atas dan ke belakang, seolah sedang mendayung.

Konon, perangkat ini diciptakan untuk berlatih ketika cuaca tidak memungkinkan untuk mendayung di luar ruangan.

Bonusnya lagi, row machine bagus untuk wanita yang bermasalah dengan postur tubuhnya. Biasanya, ini dikarenakan duduk atau mengetik di depan komputer selama berjam-jam. 

Alat gym ini dapat membantu memperkuat otot-otot postural, membangun punggung yang lebih kuat, dan memperbaiki postur Anda.

3. Lat Pull Down Machine


Sumber: youtube.com/JP Total Fitness

Rekomendasi alat gym untuk pemula wanita selanjutnya adalah mesin lat pull down, yang menargetkan otot latissimus dorsi atau lat (salah satu otot terbesar di punggung), bisep, dan bahu

Melatih otot lat Anda dapat membantu memperbaiki postur, melindungi tulang belakang terutama saat Anda berolahraga, serta membentuk dan memperkuat otot-otot di punggung.

Pull up mungkin menjadi salah satu latihan yang sering dihindari oleh para wanita, karena terlalu sulit untuk dilakukan. Nah, alat ini dapat membantu Anda melakukannya dengan mudah. 

Saat kekuatan tarikan Anda meningkat, Anda pun bisa beralih ke pull up assist, hingga akhirnya dapat melakukan pull up tanpa bantuan.

4. Pull Up Assist


Sumber: youtube.com/Clench Fitness

Dengan alat gym ini, siapa pun bisa melakukan pull up dengan mudah. Mesin pull up assist membantu mengimbangi berat badan Anda, yang memungkinkan Anda untuk membangun kekuatan secara bertahap.

Bahkan, Anda bisa melatih lebih banyak otot daripada menggunakan mesin lat pull down, karena menuntut Anda untuk menstabilkan seluruh tubuh.

Bagaimana jika tidak tersedia pull up assist di gym? Jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan pita resistensi panjang untuk mengimbangi berat badan Anda.

Lingkarkan pita tersebut di sekitar palang, lalu masukkan salah satu kaki Anda ke dalam lingkaran, sedangkan kaki lainnya di atas untuk menstabilkan tubuh Anda. 

Pilihlah jenis pita yang memungkinkan Anda menyelesaikan pull up 5 sampai 10 repetisi. Begitu Anda sudah lebih kuat, Anda bisa beralih menggunakan resistance band yang lebih ringan.

5. Hack Squat


Sumber: youtube.com/Bodybuilding.com

Tidak sedikit wanita yang ingin mengencangkan bagian tubuh bawahnya, dan mesin hack squat efektif untuk tujuan ini. 

Cara menggunakannya dengan menempatkan punggung ke bantalan belakang mesin, mengaitkan bahu di bawah bantalan bar, serta meletakkan kaki di atas pijakan. 

Anda akan menurunkan unit, menekuk lutut, lalu mengangkatnya selama menggunakan alat gym ini.

Selain itu, hack squat adalah cara yang baik untuk melakukan latihan resistensi (otot bekerja melawan beban atau kekuatan).

Alhasil, sangat cocok untuk wanita, yang seperti kita tahu, rentan mengalami osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang.

6. Mesin Glutes


Sumber: youtube.com/Matrix Fitness

Mesin glutes juga menjadi alat gym yang direkomendasikan untuk pemula wanita. Seperti namanya, perangkat ini menargetkan otot glutes Anda. 

Beberapa jenis mesin mengharuskan Anda berdiri dan mengangkat beban ke belakang dengan kaki Anda. 

Sementara pada mesin yang lain, Anda bisa berbaring dengan lengan bertumpu pada bantalan, satu kaki diletakkan di atas pijakan dan kaki lainnya diangkat pada satu waktu.

Anda pun bisa memilih berapa berat yang ingin Anda angkat pada jenis mesin ini.

Jika Anda seorang pekerja yang mengharuskan duduk lama, Anda mungkin memiliki otot pinggul dan bokong yang lemah, sehingga aktivasi dan penguatan diperlukan.

Cobalah berlatih dengan alat ini dengan repetisi yang lebih tinggi (dari 12 sampai 20) dan bobot yang lebih ringan.

7. Total Gym Core Trainer


Sumber: youtube.com/Total Gym

Jangan terkecoh dengan namanya yang sedikit lebih panjang, faktanya alat gym ini cukup sederhana dan mudah digunakan.

Terdiri atas papan luncur bergulir dengan bantalan dan pegangan di bagian atas, yang memungkinkan Anda melakukan berbagai gerakan plank, sit up, crunch, dan lainnya, untuk membantu memperkuat otot perut, punggung, pinggul, dan bahu. 

Anda pun bisa merancang latihan Anda sendiri berdasarkan kekuatan dan kemampuan Anda.

Tidak perlu kekuatan tubuh bagian atas, total gym core trainer sudah bisa meningkatkan kemampuan fungsional Anda sehari-hari.

8. Leg Press Machine

Tidak hanya meniru posisi jongkok, mesin leg press juga memungkinkan Anda mengangkat beban yang lebih berat dan konstan dengan kaki Anda secara aman.

Dengan begitu, Anda bisa membangun kekuatan, terutama di paha depan, glutes, dan paha belakang, tanpa berisiko mengorbankan bentuk tubuh Anda. 

Saat menggunakan mesin leg press, pastikan pinggul Anda bersentuhan dengan sandaran kursi. Tujuannya untuk memastikan kekuatan beban tidak bergeser ke tulang ekor dan punggung bawah Anda. 

Selain itu, lutut Anda juga harus lurus selama gerakan, tidak jatuh ke dalam, pun membungkuk terlalu jauh ke luar.

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi alat gym untuk pemula wanita yang dapat Anda coba, di antaranya mesin Smith, row machine, lat pull down, pull up assist, hack squat, mesin glutes, total gym core trainer, dan leg press machine.

Bagus juga jika Anda mengombinasikannya dengan latihan kebugaran di rumah.

Tujuannya untuk membuat otot-otot Anda terbiasa dengan tekanan dan terbentuk secara optimal – sejalan dengan tubuh Anda membakar kalori melalui aktivitas yang Anda lakukan.

Selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • REFINERY29 (2018). The Strength-Training Machines You Should Learn To Use In Your Gym.
  • Sweat (2019). How To Use Gym Equipment: A Beginner's Guide.
  • U.S. News Health (2021). 9 Useful Gym Machines for Women.
  • Women’s Health (2022). The 7 Gym Machines Worth Using + How and Why They Could Be More Effective Than Free Weights.
Tags:
#pemula  #alat gym  #sfidn  #alat-alat gym untuk pemula  #pemula wanita  #alat gym untuk pemula wanita  #gym perempuan  #gym wanita 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article